Harus Tahu, Berikut Beberapa Komplikasi yang Disebabkan Oleh Penyakit Jantung

Posted on

Gajala oenyakit jantung hendaknya jangan di sepelekan. Penyakit jantung yang banyak menyerang manusia dengan tak memandang umur ini mempunyai resiko lebih tinggi bila tak tertangani dengan baik. Bantuan dari spesialisasi dokter jantung akan membantu anda mendeteksi penyakit jantung sejak dini.

Komplikasi Akibat Penyakit Jantung

1. Gagal Jantung yang Berakibat Fatal

Peyakit jantung memang harus segera mendapat penanganan secara medis. Hal ini karena penyakit jantung bisa memicu komplikasi penyakit lainnya yang bahkan bisa berakibat fatal pada kematian. Beberapa jenis komplikasi akibat penyakit jantung yang sering terjadi adalah gagal jantung.

Gagal jantung akan terjadi ketika jantung tidak dapat melakukan pompa darah secara cukup. Darah hasil pompa jantung ini kemudian akan disalurkan ke seluruh bagian tubuh. Tetapi bila dalam penyalurannya terjadi sumbatan, maka bagian tubuh penting lainnya tak bisa mendapat asupan darah normal sehingga memicu gagal jantung yang fatal.

2. Stroke Ringan Hingga Berat

Penyakit stroke sudah umum dikenal oleh masyarakat. Bila seseorang sudah terkena stroke, akan ada bagian tubuhnya yang akan sulit digerakkan. Untuk memulihkan kemampuan gerak tubuh, perlu dilakukan terapi fisik dengan waktu yang cukup lama dengan bantuan Spesialisasi dokter jantung. Stroke pun terdapat tingkatannya dari mulai ringan hingga stroke berat.

Stroke akan terjadi saat ada penyumbatan pembuluh darah yang akan menuju otak. Pembuluh darah atau arteri yang akan masuk ke otak akan menyempit lalu tersumbat sehingga pasokan darah ke otak terlalu sedikit. Hal ini menyebabkan otak tak bisa bekerja normal dan bagian tubuh yang diatur oleh otak tersebut terhenti.

4. Aneurisma yang Bisa Menyebabkan Pendarahan

Komplikasi bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja. Salah satu komplikasi yang sering juga terjadi adalah jenis Aneurisma. Aneurisma adalah penyakit yang disebabkan oleh timbulnya tonjolan pada bagian dinding pembuluh darah atau arteri. Jika Aneurisma mengalami kebocoran maka bisa menyebabkan pendarahan internal yang serius dan berakibat fatal.

4. Penyakit Arteri Perifer Pada Kaki

Jenis komplikasi lainnya adalah penyakit arteri perifer. Penyakit arteri perifer biasanya dipicu terlebih dahulu dengan Aterosklerosis. Sehingga ketika mengalami penyakit arteri perifer, bagian tubuh kaki akan sulit digerakkan. Hal ini karena kaki tidak mendapatkan aliran darah yang cukup untuk bergerak.  

Penyakit jantung memang bukan penyakit yang bisa disembuhkan bila sudah terjadi. Namun, Konsultasi dan pengobatan medis dari Spesialisasi dokter jantung diharapkan akan membuat resiko penyakit jantung semakin menurun. Selain itu sering berolahraga dan menjaga pola makan juga penting dilakukan untuk memperlancar proses pengobatan.

Hal yang pertama dilakukan sebagai tindakan pencegahan penyakit jantung adalah dengan memahami penyakit ini terlebih dahulu. Informasi lengkap terakit penyakit jantung dan penyebabnya menjadi penting untuk anda ketahui. Website resmi rumah sakit jantung  Heartology Cardiovascular Center bisa juga menjadi referensi informasi tentang penyakit jantung terpercaya.